Dampak Penggunaan Alat Komunikasi Terhadap Perilaku Pemakainya
Kemajuan
teknologi ini menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat
manusia dengan segala peradaban dan kebudayaannya. Terutama terhadap remaja.
Perubahan ini juga memberikan dampak yang begitu besar terhadap nilai-nilai
yang ada di masyarakat. Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran
seperti Indonesia.
Saat ini
dapat kita lihat betapa kemajuan teknologi telah mempengaruhi gaya hidup dan
pola pikir remaja. Mereka banyak berinteraksi dengan teknologi seperti
televisi,handphone, ataupun internet. Dan juga secara pengaruh, merekalah yang
paling rentan terkena pengaruh/dampak negatif dari teknologi tersebut.
Pada
hakikatnya, kemajuan teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan adalah hal yang
tak dapat kita hindari. Akan tetapi, kita dapat melakukan tindakan yang
bijaksana terhadap diri kita sendiri, keluarga dan juga masyarakat luas agar
kemajuan teknologi yang semakin dahsyat ini tidak sampai menggeser jati diri
kita sebagai manusia yang memiliki norma.
Bagaimanapun,
sebagai anggota masyarakat, dan terutama sebagai orang tua, kita harus
melakukan seleksi terhaqdap kemajuan teknologi, agar semaksimal mungkin dapat
mencegah pengaruh negatif teknologi terhadap anak khususnya kaum remaja yang
merupakan generasi emas yang akan menjadi penerus perjuangan kita membentuk
bangsa yang berakhlak dan berbudaya di masa yang akan datang.
Anak zaman
sekarang sudah mempunyai handphone dan tiada hari tanpa memegang handphone
terasa tidak enak, karena handphone dapat di pergunakan sebagai alat komunikasi
dan sebagai alat yang dapat menyimpan file-file yang sangat berharga. Anak-anak zaman sekarang
lebih mementingkan handphone daripada pelajaran.
Berikut
adalah dampak dari penggunaan alat komunikasi :
Ø Dampak Positif :
1.
Mempermudah
berkomunikasi untuk menyambung silaturahmi (pesan dan telepon). Hubungan dengan
kerabat maupun teman menjadi semakin dekat.
2.
Sarana
untuk mencari kebutuhan informasi (internet). Sehingga para mahasiswa tidak
ketinggalan kabar terbaru yang sedang beredar.
3.
Membantu
proses pembelajaran.
4.
Sarana
untuk hiburan (permainan, audio, video). Mereka bisa menghillangkan rasa penat
ketika sedang istirahat dengan permainan dll.
5.
Memudahkan
seseorang untuk mencari informasi.
Ø Dampak Negatif :
Ø Dampak Negatif :
1.
Tak
sedikit orang yang tak bisa lepas dari gadgetnya masing-masing, karena
dikehidupan mereka sangatlah bergantung pada gadget.
2.
Seseorang
yang memiliki gadget sering kali emosi dikarenakan baterai habis,
tidak memiliki sinyal atau paket internet mereka yang cepat habis karena
terlalu sering digunakan.
3.
Sering
kali kita melihat anak-anak dibawah umur sudah berani berkata kasar atau
melakukan kekerasan terhadap temannya. Hal tersebut dikarenakan game kekerasan
yang berkembang dan juga video dari internet yang tidak mendidik khususnya bagi
anak-anak .
4.
Seseorang
yang sangat ketergantungan pada gadget jarang melihat keadaan
sekitarnya. Akibatnya mereka tidak perduli dengan keadaan sekitar. Maka
seseorang yang antisosial jarang berinteraksi dengan orang-orang yang ada di
sekitarnya.
5.
Jika
seseorang yang sudah asyik dengan gadget, mereka akan malas untuk
melakukan sesuatu yang merupakan kewajibannya seperti sholat atau mengerjakan
tugas rumah. Selain itu, seseorang juga bisa sampai begadang akibat terlalu
asyik bermain gadget.
6.
Kebanyakan
remaja saat ini tidak tahu batasan untuk diri mereka masing-masing. Terkadang
saat guru atau dosen mereka menjelaskan sesuatu mereka malah asyik bermain
dengan gadgetnya. Bahkan sampai ketika waktu ujian mereka mempergunakan gadget untuk
mencontek. Selain itu ada pula yang menonton video-video tak senonoh dan bahkan
sampai ada yang menirukan adegannya.
7.
Di
zaman ini banyak sekali informasi yang di dapat melalui gadget atau
berita yang beredar di masyarakat terkait dengan perkembangan di berbagai manca
negara. Media yang satu dengan media yang lainnya memberikan informasi yang
berbeda-beda. Maka dari itu masyarakat sekarang ini sulit membedakan mana
informasi yang benar dan yang salah.
Komentar
Posting Komentar