Sejarah, Perkembangan, Serta Dampak Positif dan Negatif Multimedia
Sejarah Multimedia
Istilah
multimedia berawal dari theater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan
lebih dari satu media seringkali disebut pertunjukan multimedia. Dimana
pertunjukan multimedia mencakup monitor video, synthesized band dan karya seni
manusia sebagai bagian dari pertunjukan.Sistem multimedia dimulai pada akhir
1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan
pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio Visual
Connection (AVC) dan video adapter card bagi PS/2.
Lewat tahun 70-an pengguna micro komputer telah dapat mambantu menjelaskan masalah-masalah dan mempercepat penyelesaian pekerjaan sehari-hari. Penggunaan komputer juga dapat menyebarkan informasi dan juga dapat menyajikan hiburan kepada pengguna komputer dan komputer saat ini bukan menjadi barang yang baru ataupun mewah tetapi menjadi suatu kebutuhan. Ini menunjukan evolusi dan perkembangan penciptaan teknologi komputer multimedia.
Perkembangan Multimedia
Pada saat
ini, komputer multimedia telah menjadi suatu kebutuhan, bagi kalangan bisnis
ataupun kelompok masyarakat lainnya. Pada saat ini, informasi tidak cukup
hanya melalui teks dan grafik saja. Sekarang informasi mencakup kelengkapan
teks, grafik, animasi, gambar dan audio/video. Audio/video, gambar, teks,
grafik serta animasi telah diaplikasikan dalam berbagai bidang, misalnya untuk
bidang pendidikan digunakan sebagai alat tutorial yang canggih.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indera
penglihatan (gambar diam, teks, video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan
konsumsi indera pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup
juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan indera penciuman. Multimedia mulai
memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi
yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan
film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Pada masa sekarang ini, hampir semua aktivitas dapat dilakukan dengan komputer. Setiap waktu orang dapat melihat perkembangan teknologi dari hari ke hari dan teknologi tersebut dapat digunakan sebagai alat bantu manusia untuk menyelesaikan beberapa aktifitas. Hampir semua kalangan dapat menggunakan komputer baik dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Dan komputer pada saat ini juga berguna sebagai alat multimedia.
Pada tahun 1998, kita berada empat tahun menuju ke 20 tahun pengembangan internet sebagai suatu alat komunikasi global dan berada di mana-mana. Microsoft telah mencanangkan ambisinya untuk melihat keberadaan internet di setiap rumah tangga. Sementara IP secara de facto telah tumbuh sebagai standar dalam perusahaan-perusahaan besar teknologi informatika, lantas peran apa yang akan dimainkan oleh satelit komunikasi dalam bidang ini?
Internet dan berbagai jasa yang berkaitan dengannya adalah perlengkapan yang mengubah secara mendasar struktur dan jasa satelit komunikasi. Terdapat empat kunci pengembangan dalam internet yang mempengaruhi industri satelit komunikasi.
Pertama, kebutuhan kapasitas besar untuk pendukung utama (backbone) internet dan penghubung ISP. Kedua, permintaan akses kecepatan tinggi ke internet oleh pengguna-akhir. Ketiga, pengembangan video-on-demand dalam lingkungan internet. Keempat, permintaan untuk akses secara universal dan ke seluruh dunia.
Saat ini industri satelit sedang berusaha mengenali pasarnya dalam lingkungan
internet. Industri satelit tersebut mempunyai banyak rencana untuk multimedia
dengan pita lebar (broadband). Internet saat ini merupakan penggerak utama di
belakang proyek-proyek tersebut. Sedikitnya terdapat 111 rencana untuk
multimedia sistem satelit yang meliputi 528 satelit geostasioner, 874 satelit
orbit bumi rendah dan satelit orbit bumi menengah. Rencana-rencana tersebut
datang dari 69 perusahaan operator satelit yang telah ada ataupun yang baru
muncul.
Sebagian besar proyek satelit multimedia tidak mengumumkan biaya kapital yang diperkirakan dari proyek mereka. Meskipun demikian, di antara mereka yang mengumumkan, ada yang memerlukan pengeluaran kapital sedikitnya 99.5 trilyun dolar AS. Sementara proyek-proyek satelit multimedia seperti itu sangat menarik perhatian dunia industri dan publikasi, para operator satelit sibuk mendayagunakan secara maksimal kapasitas satelit yang telah ada pada mereka untuk mendukung internet.
PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG
PENDIDIKAN
Pada waktu
komputer belum terlalu dikenal di indonesia, guru dalam menyampaikan pelajaran
dengan tulisan atau lisan. Sekarang penyampaian bahan pengajaran lebih
interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai
aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik, bahkan pengajaran secara online
(E-learning)
PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG BISNIS
Sejumlah
perusahaan memberikan training pada pegawainya dengan materi training berbasis
multimedia dalam bentuk simulasi. Misalnya: NASA menggunakan
multimedia untuk training flight control bagi calon astronot.
PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG
KESEHATAN
Kini telah
terdapat alat-alat medis kedokteran serba canggih untuk megetahui atau
mendeteksi keadaan tubuh dalam manusia. Seperti USG, Rontgen, Tensi darah, alat
citiscan, HD, dll.
USG
PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG
POLITIK
Dalam
melakukan aksi kampanye pada jaman sebelum multimedia belum terlalu berkembang
masih menggunakan lisan atau tulisan di selembaran atau sticker atau baleho.
Kini setelah multimedia berkembang sangat baik, aksi kampanye telah menyebar ke
dunia maya.
Contoh
presiden terkini AS Barack Husein Obama menggunakan Facebook dalam aksi
kampanyenya.
PERKEMBANGAN MULTIMEDIA DALAM BIDANG
INDUSTRI
1.
Industri Komputer
Industri pada komputer tidak lagi disajikan melalui teks dan gambar,
tetapi juga melalui sumber-sumber yang diperolehi dari media lain seperti audio
dan video.
2.
Indistri Telekomunikasi
Informasi multimedia juga di proses melalui perangkat komputer dan
dikomunikasikan dengan wireless atau satelit. Oleh karena informasi multimedia
bersekala besar secara terus menerus sistem komunikasi data yang sesuai sangat
diperlukan. Hal ini mengakibatkan perubahan terhadap sistem telekomunikasi yang
ada.
Perangkat
komunikasi dahulunya hanya menggunakan telephone yang membawa sedikit data dan
lambat yaitu kurang 28 KB, kini telah berubah kepada wireless yang membolehan
lebih banyak data seperti 2 MB, 10 MB dan 622 MB.
3.
Industri Penyiaran (Broadcasting)
Pengaruh kepada industri penyiaran pada mulanya peralatan profesional
bagi audio dan video terdapat di studio rekaman dan pada bagian penyiaran
televisi. Perubahannya pada peralatan tersebut yaitu dimana sistem-sistem yang
lebih profesional telah digunakan pengeditan movies secara digital informasi
disiarkan melalui kaidah penyiaran yang tersedia seperti kabel, satelit dan
antena.
DAMPAK POSITIF
BIDANG PENDIDIKAN
Siswa /
mahasiswa menjadi tidak mudah bosan dihadapkan hanya pada buku teks
Suasana
pengajaran dan pembelajaran yang interaktif akan menggalakkan komunikasi
berbagai hal ( pelajar-guru, pelajar-pelajar, pelajar-komputer )
Gabungan
berbagai media yang memanfaatkan sepenuhnya indra penglihatan dan pendengaran
mampu menarik minat belajar
Perkembangan
Teknologi Informasi (TI) Pada bidang Pendidikan, dampak yang muncul ialah
kegiatan belajar dan mengajar yang dikenal dengan konsep e-Learning.
BIDANG BISNIS
Sejumlah
perusahaan memberikan training pada pegawainya dengan materi training berbasis
multimedia dalam bentuk simulasi.
BIDANG KESEHATAN
Kini telah terdapat alat-alat medis kedokteran serba canggih untuk megetahui atau mendeteksi keadaan tubuh dalam manusia. Seperti USG, Rontgen, Tensi darah, alat citiscan, HD, dll.
Kini telah terdapat alat-alat medis kedokteran serba canggih untuk megetahui atau mendeteksi keadaan tubuh dalam manusia. Seperti USG, Rontgen, Tensi darah, alat citiscan, HD, dll.
BIDANG POLITIK
Dalam melakukan aksi kampanye pada jaman sebelum multimedia belum terlalu berkembang masih menggunakan lisan atau tulisan di selembaran atau sticker atau baleho. Kini setelah multimedia berkembang sangat baik, aksi kampanye telah menyebar ke dunia maya.
Dalam melakukan aksi kampanye pada jaman sebelum multimedia belum terlalu berkembang masih menggunakan lisan atau tulisan di selembaran atau sticker atau baleho. Kini setelah multimedia berkembang sangat baik, aksi kampanye telah menyebar ke dunia maya.
DAMPAK NEGATIF
BIDANG PENDIDIKAN
Dengan
adanya pembelajaran jarak jauh atau e-Learning ada beberapa nilai kurang baik
yakni tidak adanya interaksi secara langsung sehingga pengajar tidak akan lebih
intensif memonitori prilaku atau attitude pelajarnya.
Keberadaan
guru dan tenaga pelajar sudah tidak lagi di prioritaskan.
Baru-baru
ini banyak oknum-oknum yang memanfaatkan program sertifikasi yang di adakan
oleh lembaga atau instansi tertentu contoh: sertifikasi dari Microsoft
Corporation yang terdapat penjokian di dalamnya.
BIDANG BISNIS
Adanya pihak-pihak
yang melakukan black market (ilegal) dalam internet.
Hacker
melakukan hacking guna proses transaksi.
BIDANG KESEHATAN
Dengan
kemajuan multimedia praktek aborsi ilegal pun dapat dilakukan dengan tool-tool
multimedia.
Banyaknya
pabrik toko narkoba menunjukan begitu mudahnya penggunaan multimedia untuk transaksi
obat-obatan terlarang.
BIDANG POLITIK
Para elit
politik pada pileg dan pilpres banyak menggunakan black campaygn (kampanye
hitam) melalui internet baliho, spanduk dsb.
Dengan
adanya kemajuan teknologi multimedia para koruptor dapat leluasa untuk
melakukan aksinya, walaupun saat ini ada teknik penyadapan dari instansi yang
berwenang tetapi cara itu belum sepenuhnya menjerat para koruptor.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar