Perkembangan Bisnis TIK & Ubisoft
Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan berskala nasional maupun swasta. Kemajuan dibidang tekhnologi, informasi, dan computer mendukung perkembangan tekhnologi internet, melalui internet pelaku bisnis tidak lagi merasa kesulitan untuk memperoleh informasi demi menunjang aktivitas bisnisnya. Berbagai hal yang dulu dapat memakan biaya yang besar dan waktu yang lama, kini dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat.
Sejak dekade 1970-an, teknologi informasi di Indonesia
berkembang secara bertahap. Pada perkembangannya dibentuk Departemen Komunikasi
dan Informatika (Depkominfo), yang kemudian membantu membuat perkembangan
teknologi informasi di Indonesia menjadi lebih terarah. Media-media teknologi
informasi seperti surat kabar, radio, dan lain sebagainya telah ada pada jaman
penjajahan dan terus berkembang.
Terdapat
beberapa jenis dan tipe bisnis di bidang TIK yaitu, IT consultan, e-commerce
dan software house. Berikut ini penjelasan dari masing-masing jenis dan tipe
bisnis di bidang TIK :
1. IT
Consultant (Konsultan IT)
Konsultan IT
merupakan sebuah bisnis yang manangani konsultasi di bidang IT, meliputi saran
bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi
dalam sistem IT. Konsultan IT juga melakukan tugas seperti, bertemu dengan
client, merencanakan timescale, menyiapkan semua kebutuahan client, memberikan
penjelasan tentang sistem yang dibangun kepada client, menetapkan kebutuhan software,
hardware dan jaringan, memberikan solusi pada masalah yang ada dan
mengimplementasikan sistem baru, dll.
2.
E-commerce
Menurut
Robert E. Johnson, E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi
bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi
yang paling utama. Model bisnis e-commerce meliputi penjualan secara online,
affiliate marketing, viral marketing, group purchasing, lelang online, dll
3. Software
House
Software
House merupakan seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang
bergerak di bidang jasa pembuatan dan perbaikan software. Software house
biasanya menerima pembuatan atau perbaikan software, database, website, program
accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/selling products
and services, Account based dan support online system, dll.
Sumber :
Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang TIK adalah Ubisoft
UBISOFT adalah sebuah perusahaan , produser, penerbit, dan
distributor perangkat lunak di bidang hiburan interaktif.
UbiSoft telah mempunyai tim di 16 negara dan mendistribusikan
produk-produknya di lebih dari 50 wilayah. Dan telah memperoleh pijakan yang
kuat di pasar dengan menciptakan produk-produk asli (Rayman , POD , Simulasi F1
Racing, Tim 7, dll) dan mendistribusikan judul dari penerbit lain (LucasArts, 3DO , Entertainment Software Publishing, Inc, Europress,
Discovery Channel, dll). Memiliki lebih dari 1600 karyawan di semua cabang
studionya.
Kantor Pusat :
Alamat : 625 Third Street 3rd Floor San Francisco, CA 94107
Telefon: 415-547-4000
Bergerak di bidang industri Software
Website :
TOKOH PENTING DI UBISOFT
Yves Guillemot (Ketua dan CEO)
Pada tahun 1986, baru lulus dari sekolah bisnis, Yves
Guillemot memutuskan untuk mendirikan perusahaan sendiri. Dalam industri
hiburan booming, Yves memilih untuk berinvestasi dalam permainan video, yakin
bahwa mereka adalah masa depan industri. Didorong oleh keinginan untuk
mendorong pengalaman gaming melampaui batas mendirikan, Yves dan empat saudara
diciptakan Ubisoft, mengacu ke “mana-mana,” yang diterjemahkan ambisi mereka
untuk hadir di seluruh dunia. Dengan tim yang penuh gairah di sisinya selama
lebih dari 24 tahun sekarang, Yves mengambil Ubisoft ke # 3 penerbit independen
di seluruh dunia (termasukAsia)padatahun2009.
Alain CORRE (Direktur Eksekutif, Wilayah EMEA )
Alain Corre telah menjabat sebagai Direktur Eksekutif EMEA
(Eropa, Timur Tengah, Asia-Pasifik) wilayah sejak tahun 2000. Alain menerima
gelar bisnisnya dari “Ecole Superieure de Gestion” sekolah bisnis dan bergabung
Ubisoft sebagai trainee pemasaran di tahun 1987. Dia cepat menjadi Asisten Pemasaran,
Direktur Pemasaran untuk Perancis, Sales Director untuk Eropa dan kemudian
Managing Director untuk Perancis.
Sebagai Direktur Eksekutif untuk zona EMEA, Alain drive
pengembangan bisnis di pasar yang matang sekaligus mempromosikan kehadiran
Ubisoft tumbuh di pasar berkembang. Dalam pasar yang semakin luas dan
kompetitif, Alain dan timnya telah berhasil membuat Ubisoft ke-3 penerbit
independen di Eropa pada tahun 2008 dan 2009.
Laurent DETOC (Direktur Eksekutif, Amerika Utara )
Lulusan dari “Suprieur Institut de Gestion” sekolah bisnis
di Paris, Laurent Detoc bergabung Ubisoft pada tahun 1991. Dua tahun kemudian,
ia meninggalkan markas besar di Prancis untuk mendirikan anak perusahaan untuk
Belgia dan Belanda. Pada tahun 1994, ia mengambil alih kantor San Francisco.
Pengalaman di Jerman, Belgia dan sekarang Amerika Serikat telah memperkaya
bisnis global Laurent visi - sebuah aset yang benar dalam industri game saat
ini.
Sebagai Direktur Eksekutif Ubisoft unit distribusi di
Amerika Utara, Laurent saat ini bertanggung jawab untuk aktivitas penerbitan
Ubisoft di Amerika Utara. tujuan-Nya termasuk menjadi penerbit video game
terkemuka dan perusahaan pilihan di seluruh Amerika Utara. Berkat upaya timnya,
Ubisoft adalah 3 editor independen di Amerika Utara pada tahun 2009.
CHRISTINE Burgess-QUMARD (Direktur Eksekutif, Worldwide
Studios)
Christine Burgess-Qumard menjabat sebagai Direktur Eksekutif
yang bertanggung jawab atas Worldwide Studios sejak tahun 2000. Segera setelah
bergabung Ubisoft pada tahun 1987, Christine dipercayakan dengan tugas membuka
kantor pertamanya Ubisoft di Amerika Serikat. Dia menghabiskan empat tahun
mengembangkan usaha di Amerika Serikat sebelum pindah ke kepala unit bisnis di
Inggris. Pada tahun 1997, ia kembali ke Paris untuk menjadi Direktur Penjualan
Internasional.
Hari ini, sebagai Direktur Eksekutif Ubisoft Worldwide
Studios, Christine mendefinisikan dan menerapkan prinsip-prinsip dan strategi
yang membimbing semua 24 dari studio produksi Ubisoft seluruh dunia. Pada tahun
2006, Christine peringkat di antara 100 wanita paling berpengaruh atas dalam
industri oleh NextGen.Biz. Christine memegang gelar pasca sarjana dalam bahasa
asing diterapkan.
Serge HASCOT (Chief Creative Officer)
Serge Hascot bernama Chief Creative Officer pada tahun 2000,
14 tahun setelah memperoleh gelar sarjana dalam ilmu material dan bergabung
Ubisoft sebagai desainer game. Selama bertahun-tahun, ia telah menduduki
berbagai posisi eksekutif, terutama memimpin desainer game dan manajer studio
untuk Eropa dan wilayah Asia-Pasifik.
Hari ini, Serge bertanggung jawab atas strategi keseluruhan
editorial Ubisoft. Ia mewujudkan dan menjamin kualitas katalog Group.
SEJARAH PERKEMBANGAN UBISOFT
Lima bersaudara dari keluarga Guillemot mendirikan Ubisoft
sebagai penerbit permainan komputer pada tahun 1986 di Perancis (Brittany).
Yves Guillemot segera membuat perjanjian dengan Electronic Arts, Sierra
On-Line, dan MicroProse untuk mendistribusikan permainan mereka di Perancis.
Pada akhir dekade ini, Ubisoft mulai berekspansi ke pasar lain, termasuk
Amerika Serikat, Inggris,danJerman.
Di awal tahun 1990, Ubisoft memulai pembangunan program game
house nya yang mengarah pada pembukaan awal tahun 1994 di sebuah studio di
Montreuil, Perancis, yang kemudian menjadi markas mereka. Ubisoft menjadi
perusahaan publik pada tahun 1996 dan terus berkembang ke kantor-kantor di
seluruh dunia, membuka lokasi di Shanghai dan Montreal.
Pada tahun 2000, Ubisoft mengakuisisi Red Storm
Entertainment.
Pada bulan Februari 2001, mereka mengakuisisi Dsseldorf,
Jerman berdasarkan Blue Byte Software.
Pada bulan Maret 2001, Gores Technology Group menjual divisi
hiburan Perusahaan Belajar (yang termasuk permainan aslinya diterbitkan oleh
Brderbund Software, Mattel, Mindscape dan Strategis Simulasi, Inc) kepada
mereka. Penjualan termasuk hak untuk IP seperti Myst dan Prince of Persia
seri.Pada bulan Oktober 2001, mereka mengakuisisi Gamebusters dan memindahkan
mereka keKantorJerman.
Pada akhir 1990-an dan awal 2000-an, Ubisoft berkomitmen
untuk game online dengan mendapatkan support dari Uru: Ages Beyond Myst, The
Matrix Online, dan operasi Eropa dan Cina EverQuest. Penerbit mendirikan ubi.com sebagai divisi online-nya. Namun,
pada bulan Februari 2004, Ubisoft membatalkan bagian online Uru dan mundur dari
kesepakatan penerbitan di The Matrix Online. Namun demikian, hanya seminggu
kemudian, perusahaan ini mengumumkan akuisisi
WolfpackStudios,pengembangShadowbane.
Pada bulan Desember 2004, sebuah permainan saingan
perusahaan Electronic Arts membeli 19,9% saham di perusahaan, tindakan Ubisoft
disebut sebagai “bermusuhan” pada bagian EA.
Pada bulan Maret 2005, Ubisoft termasuk kedalam bagian dari
MC2-Microds (Microds Kanada) dan terintegrasi ke Ubisoft Montreal.
Pada bulan Juli 2006 Ubisoft juga membeli franchise Driver
dari Atari dengan nilai pertanggungan sebesar 19.000.000 (USD $ 24 juta) secara
tunai untuk waralaba, hak teknologi, dan untuk aset. Selain itu, meskipun
Ubisoft tidak mengakuisisi studio langsung, para anggota pengembang Driver
Refleksi Interaktif menjadi karyawan Ubisoft. Akibatnya, Refleksi Interaktif
kemudiandigantiRefleksiUbisoft.
Pada tanggal 11 April 2007, Ubisoft mengumumkan bahwa
pihaknya telah mengakuisisi pengembang game Bunga Matahari Jerman, diikuti oleh
akuisisi pengembang Jepang Digital Kids padabulanNovember. Ubisoft juga
bertanggung jawab untuk menerbitkan waralaba terkenal yang diproduksi oleh
studio penting lainnya untuk beberapa platform tertentu, seperti Resident Evil
4 untuk PC, yang merupakan produksi Capcom, dan Innocent Life: A Futuristic
Harvest Moon untuk PlayStation 2 dan Harvest Moon Online, yang Marvelous
Interaktif produksi.
Pada tanggal 8 Juli 2008, Ubisoft membuat perolehan Hybride
Technologies, sebuah studio Montreal berbasis terkenal karena keahliannya dalam
penciptaan efek visual untuk bioskop, televisi dan iklan. Dibuat lebih dari 15
tahun yang lalu, Hybride mempekerjakan 100 anggota tim. banyak proyek studio
ini termasuk film inovatif seperti 300, Frank Miller’s Sin City, Avatar dan
seri Spy Kids.
Pada tanggal 10 November 2008, Ubisoft menciptakan Hiburan
Massive dari Activision.
PRODUK YANG DIHASILKAN
Produk Ubisoft
Produk yang pertama dibuat oleh Ubisoft pada tahun 1992/96
adalah Rayman , sebuah game petualangan didasarkan pada eksploitasi
karakter. Berikut adalah daftar sebagian produk yang telah dihasilkan oleh
Ubisoft berdasarkan alphabet.
Assassin’s Creed series
Beyond Good & Evil
Brothers in Arms
Far Cry series
Heroes of Might and Magic
H.A.W.X
Myst
Prince of Persia
Rayman
Red Steel
Tom Clancy’s Splinter Cell
Tom Clancy’s Ghost Recon
Tom Clancy’s Rainbow Six
Watch Dogs
Penjualan produk terbaik :
2008 Tom Clancys EndWar Best Strategy Game, Games Critics:
Best of E3
2008 Shaun White Snowboarding Best Sports Game, IGN: Best of
E3 2008
2008 Assassins Creed Outstanding Achievement in Animation,
AIAS
2009 Rabbids Go Home Wii Award for Excellence In Sound: IGN
awards
2009 Assassins Creed II Xbox360 Game of The Year: IGN awards
2009 Far Cry 2 Editors Choice Award (X360, PC, PS3) : IGN
2009 - Assassins Creed 2 Best Fanboy (PS3) : The VG247
Community and Game Awards 2009
2009 - Assassins Creed 2 The 10 Games that impressed us the
most at E3 : IGN
2009 Splinter Cell Conviction Best Console/PC Game : Kotaku
2009 R.U.S.E. Best Strategy Game : Jeuxvideo.com
2009 Red Steel 2 Best Shooting Game for the Wii at E3 : IGN
2010 - Assassins Creed II - Best Action Game : IGN : Best of
E3
2010 Child of Eden - Best Motion-Control Game : IGN : Best
of E3 2010
2010 Child of Eden - Best Music/Rhythm Game : IGN: Best of
E3 2010
Sumber :
Komentar
Posting Komentar