W E B
Definisi
Web Science
Web Science adalah
ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah website,
agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam
kehidupan sehari-hari. Selain itu, Web Science juga mempelajari
hubungan antara manusia dan teknologi, bahwa masyarakat dan teknologi mempunyai
keterkaitan satu sama lain.
Di dalam Web
Science, kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai
media komunikasi praktis. Web Science Institute menjelaskan bahwa Web
Science adalah fokus kekuatan analitis peneliti dari disiplin ilmu yang
beragam seperti matematika, sosiologi, ekonomi, psikologi, hukum dan ilmu
komputer untuk memahami dan menjelaskan tentang Web.
Sejarah Web
Science
Web Science
didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI).
Web Sicence ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara
MIT CSAIL dan University of Southampton, ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasi
dan mendukung sentralisasi pembelajaran World Wide Web. Sejak pertama kali
diluncurkan, konsep Web Science sudah menyebar secara meluas dan mengukuhkan
diri sebagai area aktifitas yang penting.
Aktifitas
WSRI fokus pada artikulasi agenda penelitian untuk komunitas scientific,
mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran Web Science dan mengikat
pemikiran tentang kepeminpinan pada sektor yang berkembang ini.
Untuk
melanjutkan aktifitasnya dan mendukung pengembangan Web Science secara global,
para direktur WSRI membuat badan amal-the Web Science Trust (WST). WST berkerja
sama dengan World Wide Web. Golnya adalah untuk mendorong partisipan luas dalam
pengembangan Web Science. the Foundation mempunyai misi untuk meningkatkan Web.
the Trust dan the Foundation mempunyai kesamaan komitmen untuk melanjutkan
disiplin dari Web Science dan akan bekerja bersama pada beberapa proyek yang
memperbaiki pengertian tentag Web Science dan mempromosikan dampak positif Web
Science pada masyarakat luas.
Sejarah Web
WWW adalah
suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya
Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya.
Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem
itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu,
Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip
sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak
menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.
WWW
dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN),
Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek
pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web'
sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW
secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.
Pre Web
Pre-web adalah era dimana prototype seperti memex,
usenet, gopher dan ftp muncul sebelum kemudian berevolusi menjadi internet.
Internet sendiri adalah tempat dimana web muncul pertama kalinya ke publik
sampai saat ini.
The Memex
(Memory Index)
The memex (sebuahsingkatan dari "memori" dan
"index") adalah nama hipotetis proto-hypertext sistem yang Vannevar
Bush jelaskan pada tahun 1945 pada artikel bulanan The Atlantic " As We
May Think "(AWMT). Bush membayangkan memex sebagai perangkat di mana
individu akan mengkompres dan menyimpan semua buku-buku mereka, catatan, dan
komunikasi, "mekanis sehingga dapat berkonsultasi dengan melebihi
kecepatan dan fleksibilitas." The memex akan memberikan "suplemen
intim yang diperbesar ke memori seseorang". Konsep memex mempengaruhi
perkembangan awal hypertext sistem (akhirnya mengarah ke penciptaan World Wide
Web ) dan basis pengetahuan personal software.
HyperText
Hypertext adalah sebuah bahasa markup yang digunakan
untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam
sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis
kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang
terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah
kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan
perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak
digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang
disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking)
secara harfiah adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling
terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani
miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah
sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP
sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).
Rangkaian jaringan internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan
rangkaian dengan kaedah ini dinamakan Internetworking.
Usenet
Singkatan dari user network, merupakan salah satu
jaringan tertua yang dilayani oleh internet. Awalnya didesain pada Duke
University ditahun 1979 dan dikembangkan pada Duke University dan
North Carolia University setahun kemudian, tujuan utama dari USENET adalah
untuk bertukar pesan teks (text message) di antara node (komputer yang
terhubung pada jaringan). USENET telah tumbuh untuk mencakup berbagai macam
forum dan juga newsgroup, dalam jumlah puluhan ribu node yang terhubung.
FTP(File
Transfer Protocol)
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling
awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan
pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara
klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat
mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP
adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer
yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP
dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner
dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari
server FTP.
Gopher
Gopher adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang
dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui
Internet. Sangat berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher
disajikan menarik untuk alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tapi
akhirnya gagal mencapai popularitas.
Gopher adalah, Program berbasis teks yang digunakan
untuk mem-browser daftar menu Internetpada
berbagai server gopher. Pengertian
Gopher dari sumber lain adalah suatu aplikasi perangkat lunak yang
tesusun atas beberapa menu sistem pencarian dan penemuan kembali.
Situs Gopher adalah komputer yang menampilkan
menu-menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar,
menu-menu ini merupakan daftar isi untuk mengolah dan menunjuk ke sebuah
informasi tertentu. Pojok
Pedia Layanan ini menggunakan FTP untuk
pertukaran file dan Telnet untuk koneksi dengan server tertentu.
Gopher yang memiliki sistem berbasis menu paling dasar
ini menyediakan konektifitas yang saling berhubungan antara file-file pada
komputer-komputer Internet.
File-file ini nampak seperti direktori berseri di seputar menu Gopher yang
sebenarnya file-file tersebut berlokasi di komputer lain.
Gopher menyediakan
akses ke dokumen teks, Grafik dan suara digital hanya dapat dimasukkan dalam
kumpulan sebuah dokumen, yang harus didownload ke komputer lokal, dan baru
kemudian dapat dilihat dengan program lain.
Gopher juga memungkinkan akses ke beberapa fasilitas
lain yang ada diinternet seperti Telnet untuk melakukan hubungan komunikasi
jarak jauh.
Manfaat
Aplikasi Gopher ini adalah user tidak perlu mengetahui alamat
yang khusus pada komputer yang akan di akses. Gopher sendiri merupakan sistem
yang memungkinkan para pengguna internet dapat
mengakses berbagai situs. Selain itu Gopher yang merupakan sistem dengan
otomatisasi dimana pemakai dapat mengakses informasi dengan menggunakan
hirarki.
Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia
Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada
dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum
dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit
interaktif. sejak tahun 1992 mulai memperkenalkan beragam web browser,
serta mendorong pertumbuhan pemanfaatan Web sebagai penyedia informasi. Pada
tingkat ini web masih bersifat read only.
Contoh dari jenis web ini, biasanya masih bersifat
HTML dan hanya berisi tentang tulisan pribadi.
Web 2.0
Web 2.0 Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada
tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi
dan sharing informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat
didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri
komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan
merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai
keberhasilan pada platform baru tersebut. Web 2.0 mulai menjadi trend pada
tahun 1997, ini memperkaya sifat yang read only menjadi read write. Aplikasi
berbasis Web semakin banyak diterapkan.
Contoh dari jenis web ini,seperti Wikipedia, Blog,
Friendster. Yang sudah mulai mengenal dengan web interaktif social network.
Web 3.0
Definisi untuk Web 3.0 merupakan rancangan untuk memperkaya Web 2.0,
dimana pada Web 2.0 baru memperhatikan pertukaran data antara manusia, pada Web
3.0 pertukaran data antar manusia-mesin, mesin-mesin dan manusia-manusia
disempurnakan. Sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara
mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand
[Joh07]. Namun, menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang
menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan
menarik kesimpulan dari data online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan
tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena
Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam
bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat
dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents)
.Teknologi Web 3.0 atau Web Semantik ini secara teknik dalam pencarian di mesin
pencari akan mencari hasil yang dicari. Sebagai contoh, di dalam web 2.0 jika
ingin mencari informasi di mesin pencari dengan keyword “Kapan Tanggal
Kemerdekaan Republik Indonesia” maka hasil yang dikeluarkan adalah web dengan
informasi yang mengandung keyword “Kapan Tanggal Kemerdekaan Republik
Indonesia“, sedangkan di Web 3.0 ini nanti hasil yang ditampilkan adalah berupa
hasil yang dicarinya yaitu “17 Agustus 1945“. Semantic web mempunyai
kelebihan mampu untuk membuat aplikasi komputer yang dapat memahami bahasa
manusia, bukan bahasa yang baku dari para penguna tetapi juga bahasa yang lebih
kompleks. Jadi bahasa yang digunakan tidak lagi bersifat teknis tapi sudah
seperti bahasa dalam percakapan sehari-hari , sehingga dapat mempermudah
interaksi dan komunikasi dengan mesin atau komputer. Tidak seperti web 2.0
yang terasa sulit untuk melakukan hal-hal diatas, mungkin web 3.0 merupakan
sebuah terobosan dalam dunia web untuk mempermudah semua aktivitas.
Arsitektur
Web
Arsitektur
web merupakan struktur rancangan (desain) web agar dapat tersusun suatu
informasi yang tepat (terorganisasi) dan mudah ditemukan isinya. Dimana
struktur rancangan harus memenuhi beberapa aspek antara lain form, fungsi,
navigasi, interface, interaksi, visual, dan maksud informasi itu sendiri, yang
akan dibangun dalam sebuah web (www.usemod.com). Arsitektur Web memiliki
potensi untuk menjadi istilah yang digunakan untuk disiplin intelektual
mengatur konten website. ”Web desain”, dengan cara kontras, menggambarkan
tugas-tugas praktis, bagian-bagian-grafis dan teknis, dari merancang dan
menerbitkan sebuah situs web. Perbedaan tersebut dibandingkan dengan yang
antara tugas mengedit sebuah koran atau majalah dan desain grafis dan pencetakan. Tetapi
hubungan antara editorial dan kegiatan produksi adalah lebih dekat untuk
publikasi web daripada untuk penerbitan cetak.
Ada tiga standar utama untuk penerapan Web
Service, Standar-standar ini mendukung pertukaran data berbasis XML. Tiga
standar tersebut meliputi SOAP, WSDL, dan UDDI.
1.
SOAP (Simple Object Access
Protocol)
2.
WSDL (Web Services Description
Language)
3.
UDDI (Universal Description
Discovery and Integration)
Aplikasi
Utama WEB
Dalam
rekayasa perangkat lunak, suatu aplikasi web adalah suatu aplikasi yang diakses
menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau
intranet. Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang
dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti HTML, JavaScript,
AJAX, Java, dll) dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan
aplikasi.
A. HTTP,
HTML, Web Server, Internet, Browser, Transaction
1. HTTP
Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah
protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi
terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak
pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut
dengan dokumen hiperteks,yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990
oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee.
HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara
klien dan server. Sebuah klien HTTP (seperti web browser atau robot dan lain
sebagainya),biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan ke port
tertentu di sebuah server Webhosting tertentu (biasanya port 80).Klien yang
mengirimkan permintaan HTTP juga dikenal dengan user agent.
2. HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa
markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai
informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext
sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan
tampilan wujud yang terintegerasi.
HTML saat ini merupakan standar Internet yang
didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium
(W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee robert ketika
mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika
energi tinggi di Jenewa).
3. INTERNET
Interconnection network (internet) adalah sistem
global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung.Internet berasal
dari bahasa latin “inter” yang berarti “antara”. Internet merupakan jaringan
yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di seluruh dunia. Internet
melibatkan berbagai jenis komputer serta topology jaringan yang berbeda. Dalam
mengatur integrasi dan komunikasi jaringan, digunakan standar protokol internet
yaitu TCP/IP. TCP bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan
baik, sedangkan IP bertugas untuk mentransmisikan paket data dari satu komputer
ke komputer lainya.
4. WEB SERVER
Web server merupakan software yang memberikan layanan
data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal
dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman –
halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.
5. BROWSER
Browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang
digunakan untuk menampilkan halaman Web.
Microsoft Internet Explorer, Netscape Navigator,
Mozilla adalah contohnya. Pendeknya untuk Web browser, merupakan aplikasi
perangkat lunak digunakan untuk menemukan, mengambil dan juga menampilkan
konten di World Wide Web, termasuk halaman Web, gambar, video dan file lainnya.
Sebagai model klien / server, browser ini jangka klien pada komputer yang
kontak server Web dan permintaan informasi.
6. TRANSACTIONS
Internet Server Transaksi memiliki kemampuan untuk
menangani berbagai macam teknologi Web untuk mengakses aplikasi SAP.
Menggunakan SAP GUI antarmuka, baik Transaksi Web dan SAP GUI untuk HTML adalah
dua pilihan tersebut. Memanfaatkan RFC Protocol, Web Reporting, WebRFC dan
Logika Arus ITS tiga opsi lain. Internet Aplikasi Komponen merupakan pilihan
juga yang menggunakan tata letak berbasis template.
B. Wiki,
Blogs, Folksonomies, Social Network, dan Usergenerated Content
1. Wiki
Wiki adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen
hiperteks lainnya) yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs
tersebut. Istilah ini juga dapat merujuk kepada software kolaboratif yang
digunakan untuk menciptakan situs web semacam itu.
2. Blogs
Blog (web log) adalah bentuk aplikasi web yang
menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman
web umum. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian,
media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program
media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis
tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis.
3. Folksonomi
Folksonomi adalah suatu sistem pengklasifikasian yang
diturunkan dari praktik dan metode pembuatan dan pengelolaan tag-tag secara
kolaboratif, untuk menganotasi dan mengkategorisasi konten.
4. Social Network
Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi
satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk
saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.
5. Usergenerated Content
User-generated Content atau disingkat UGC, dikenal
juga dengan istilah consumer-generated media (CGM) atau user-created content
(UCC) adalah merujuk pada berbagai tipe konten media, tersedia untuk umum, yang
diproduksi oleh end-user.
Kesimpulan
:
Web Science adalah
ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah website,
agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam
kehidupan sehari-hari.
WWW adalah
suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya
Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya.
Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem
itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire.
Arsitektur
web merupakan struktur rancangan (desain) web agar dapat tersusun suatu
informasi yang tepat (terorganisasi) dan mudah ditemukan isinya.
Data Diri :
Nama : Alvian Rasyid
NPM : 50416645
Kelas : 2IA11
Daftar
Pustaka :
ü https://rianitagiovanni.wordpress.com/2016/03/20/definisi-dan-sejarah-web-science/
ü http://andrew-jonathan.blogspot.co.id/2013/04/definisi-web-science-dan-sejarah.html
ü https://sirfrancois.wordpress.com/2016/03/29/arsitektur-web-dan-aplikasi-utama/
ü https://made21indra.wordpress.com/2015/03/28/arsitektur-web-dan-aplikasi-utama-konsep-dan-pengamanan-web/
Komentar
Posting Komentar